Inilah Beda SETAN, JIN dan IBLIS


Kamu tentu sudah biasa mendengar kata Setan, Jin dan juga Iblis. Lalu apakah arti dari kata-kata itu sebenarnya? Berikut penjelasan ringkas mengenai ketiga kata itu.

Kita mulai dari kata Jin.
Jin merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari api dan pada asalnya tidak dapat dilihat oleh manusia. Jin mempunyai banyak jenis, ada yang baik, ada yang buruk, ada yang muslim dan ada pula yang kafir.

Selanjutnya kita bahas mengenai Setan
Setan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat pembangkangan terhadap aturan, sifat jahat dan ketidaktaatan. Sifat Setan ini dapat muncul pada manusia maupun Jin. Jadi, Setan dapat berwujud Jin yang tidak terlihat dan juga setan dalam bentuk manusia yang terlihat.

Setelah mengenal Jin dan Setan selanjutnya kita mengenal Iblis
Iblis merupakan bapak moyang dari Jin jahat. Iblis inilah yang menggoda Adam dan Hawa untuk melakukan pelanggara aturan yang diberikan Allah ketika di Surga. Iblis juga tidak mau taat ketika disuruh untuk bersujud kepada nabi Adam. Kematian Iblis ditangguhkan oleh Allah hingga hari kiamat karena Iblis ingin mencari pengikut untuk menemaninya masuk neraka.

RELATED POST

Previous
Next Post »